Ada Pertanyaan ? Hubungi Kami :

02177836509 & 0226126971

Whatsapp/SMS

08172392711|081910002777

Alamat Kami

Jl. Gempol Asri Raya No. 65, Bandung Kulon

Bahan-bahan Membuat Kue Utama Baker

Byauthor PT. Golden Kreasi Inova

Bahan-bahan Membuat Kue Utama Baker

Bahan Bahan Membuat Kue Utama sangat perlu di ketahui sebagai wawasan dasar bagi pengusaha dan baker yang ingin memulai usaha di bidang bakery nya sendiri. Mengetahui sifat dasar dan manfaat masing-masing bahan kue yang digunakan akan sangat membantu para pengusaha dan baker dalam mempraktekkan dan mengolah berbagai resep kue-kue.

Mencari aneka resep kue dan roti kini lebih mudah, apalagi dengan adanya kemajuan internet saat ini. Namun, dalam beberapa hal Anda perlu melakukan modifikasi dan berbagai percobaan dan kegagalan untuk mendapatkan hasil produk kue, roti, bakery yang benar-benar sesuai dengan keinginan Kita. Bahan-bahan Membuat Kue Utama Industri Kue terpenting untuk pemula dalam artikel ini akan memberikan sedikit gambaran mengenai fungsi masing-masing bahan dalam pembuatan kue dan roti.

PT. Golden Kreasi Inova selalu mensupport dan terus mendukung perkembangan bisnis bakery tanah air dengan menyediakan, memproduksi, mendistribusikan produk-produk bahan baku kue, bahan bahan membuat kue, roti, kue kering, makanan dan minuman dengan kualitas terjamin mutu dan harga yang lebih terjangkau untuk industri-industri kue, makanan dan minuman baik usaha mandiri rumahan, UKM, Nasional maupun skala Multinasional.

Berikut ini adalah bahan bahan membuat kue utama dan terpenting untuk pemula yang wajib Anda ketahui.

1.Tepung Terigu – Sebagai Sumber Protein
Tepung terigu adalah pembentuk jaringan dan kerangka utama dari kue dan roti. Protein pada tepung terigu bersifat tidak larut air dan justru dapat menyerap air pada adonan menjadi lapisan gluten. Lapisan gluten ini juga berfungsi menahan gas yang dihasilkan dari penggunaan ragi atau yeast. Ada tiga macam tepung terigu yang kita kenal yakni tepung terigu protein tinggi (seringkali digunakan untuk membuat roti tawar, mie, dan martabak telur), sedang (untuk membuat donat, kue, cookies, jajanan pasar dan gorengan) dan rendah (crepes, biskuit, pie).

2. Baking Soda – Bahan Pengembang Kue dan Roti
Adalah jenis bahan pengembang kue kimiawi yang membentuk gelembung CO2 atau Karbondioksida di dalam adonan. Baking soda (soda kue) dibuat dari senyawa Natrium bikarbonat, atau Sodium bikarbonat (nama dagangnya), tanpa campuran apapun yang akan bereaksi sempurna dengan sifat asam pada adonan seperti susu, mentega, yoghurt dan coklat. Baking soda membuat adonan mengembang, dan roti yang dihasilkan menjadi lebih bervolume dan empuk dengan tekstur berongga. Namun, berhati-hatilah karena terlalu banyak memberikan baking soda akan menjadikan adonan pahit. Selain itu, sebaiknya bahan ini dicampurkan ke dalam adonan sesaat sebelum adonan dipanggang atau dikukus agar hasilnya optimal.

3. Baking Powder – Bahan Pengembang Kue dan Roti
Sekilas memang terlihat sama dengan baking soda, namun ternyata bahan pengembang adonan kimiawi ini terdiri dari Sodium Bikarbonat, Sodium Asam Pirofosfat dan pengemulsi. Berbeda dengan baking soda, baking powder tidak membutuhkan bahan bersifat asam untuk bereaksi karena di dalamnya sudah terdapat asam. Baking powder terdiri dari single acting (yang sebaiknya dimasukkan sebelum adonan dipanggang atau dikukus) dan double acting (yang tetap bekerja optimal meski adonan didiamkan lebih lama).

4. Butter/Mentega – Mendapat Rasa Gurih, Basah, Tidak Mengembang Biasa Untuk Brownies
Adalah padatan lemak hewani yang rasanya gurih, mudah mencair dan harganya relatif lebih mahal daripada margarine. Kue yang menggunakan butter akan bertekstur lebih padat dengan rongga halus, agak sedikit basah dengan rasa yang gurih lezat. Kue yang menggunakan butter/mentega biasanya kurang mengembang sempurna. Butter membuat kue lebih tahan lama, beraroma, empuk dan menambah nilai gizi.

5. Margarine – Mengembangkan Kue biasa Untuk Bolu
Adalah padatan lemak nabati yang rasanya cenderung asin, dengan harga yang relatif lebih murah. Kue dengan bahan baku mentega akan mengembang sempurna, menghasilkan banyak remahan, kering dan rasanya agak pekat di lidah. Fungsi margarine dan butter sama, dan keduanya bisa digunakan secara bersamaan (kombinasi) untuk menghasilkan kue yang pas sesuai selera.

6. Ragi (Yeast) – Pengembang Kue Organik
Adalah pengembang organik yang terdiri dari mikroorganisme hidup yang menghasilkan gas CO2. Gas ini akan terperangkap dalam jaringan gluten sehingga roti atau kue bisa mengembang dengan baik. Macam ragi yaitu ragi basah (biasanya untuk pembuatan tape), ragi kering (harus dicampur dengan air hangat dan gula agar menjadi ‘biang’ terlebih dahulu) dan ragi instan (langsung bisa dicampur ke dalam adonan)

7. Susu dan susu bubuk – Penyeimbang protein, memberi warna coklat, gunakan susu tanpa lemak.
Kasein atau protein susu berfungsi menyeimbangkan protein dan memperkuat gluten pada adonan. Sedangkan laktosa memberikan warna coklat pada hasil akhir roti. Karena lemak susu full cream kurang bereaksi baik dengan ragi, maka Anda bisa mencampurkan susu skim atau susu tanpa lemak pada adonan beragi.

8. Tepung Maizena – perenyah
Tepung ini biasa disebut tepung pati jagung atau corn flour. Tepung maizena hanyalah bersifat pelengkap yang dapat bersubtitusi dengan tepung terigu, campuran tepung yang berfungsi merenyahkan tekstur kue kering dan cookies, melembutkan cake dan kue basah serta pengental saus puding.

9. Gula Pasir – Pemanis
Selain memberikan rasa manis dan warna pada permukaan roti, gula pasir berperan penting dalam melembabkan, mengempukkan dan melemaskan adonan. Sedangkan gula halus (icing) berfungsi sebagai topping atau pelengkap pada hasil akhir roti. Bahan bahan membuat kue seperti gula sangat diperlukan untuk pecinta kue manis.

10. Telur
Telur berperan sangat penting dalam pembentukan kerangka kue, melembabkan sekaligus memberikan warna pada roti yang dibuat. Selain itu, telur tentu saja menambah nilai gizi dari roti itu sendiri.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi no di bawah ini mengenai bahan bahan membuat kue lainnya :

PT. Golden Kreasi Inova – Food Ingredients Manufacturer

Alamat : Jl. Gempol Asri no 65, Bandung Kulon – 40215 Bandung
HP/Whatsapp/SMS : 08172392711, 081910002777, 089509926111
Telpon : 021 77836509 ( Jakarta ), 022 6126971 ( Nasional)

Golden Inova – Golden F&B Division, PT. Golden Kreasi Inova, PT. Mulia Wahana Mandiri, Golden Kreasi Inova, Mulia Wahana Mandiri, Golden Inova, Bahan Membuat Kue, bahan-bahan membuat kue, Roti, Bolu, Pastry, Kue Kering, Kulit Kebab, Baking Powder, Susu Bubuk Untuk Membuat Kue & Roti, Bahan Baku Pengenyal Bakso, Sosis, Vanili, Coklat bubuk, dan Menjual Semua Kebutuhan Bahan Baku Industri Makanan dan Minuman Anda, Toko Bahan Baku Kue, Toko Bahan Kue, Distributor Bahan Baku Kue, Distributor Bahan Kue, Produsen Bahan Kue, Produsen Bahan Baku Kue, Pabrik Bahan Kue, Pabrik Bahan Baku Kue, Irian Jaya, Papua, Sulawesi Selatan, Makassar, Kalimantan Barat, Pontianak, Kalimantan Timur, Balikpapan, Samarinda, Nusa Tenggara Timur, NTT, Kupang, Sulawesi Tengah, Palu, Kepulauan Riau, Sumatra Utara, Medan, Jambi, Jawa Timur, Surabaya, Sumatra Selatan, Palembang, Jawa Barat, Bandung, Lampung, Kalimantan Tengah, Palangkaraya, DKI Jakarta, Jakarta, Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Bali, Denpasar, Aceh, Yogyakarta

About the author

author PT. Golden Kreasi Inova administrator